22 May 2009

Mencegah Anak Berbohong



Upaya utama mencegah anak berbohong adalah jangan pernah berbohong di depan anak. Usahakan untuk tidak memberi contoh konkret berbohong yang mengandung makna bahwa berbohong itu tidak apa-apa. Toh, kita sebagai orang tua melakukannya juga. Justru kita harus sering-sering memberi contoh konkret kejujuran.

Misalnya, ceritakan bahwa kita mengembalikan kelebihan uang kembalian ketika berbelanja. Meskipun berat tapi kita tetap melakukannya juga, Ini akan memberi contoh langsung yang akan memberi inspirasi anak kita untuk melakukannya juga. Karena salah satu cara terbaik mendidik seorang anak adalah dengan memberi contoh secara langsung.

Usahakan untuk kompak bersama pasangan kita. Terkadang satu orangtua bersikap otoriter kepada anak, sedangkan yang satu lagi lebih permisif. Contohnya, ibu melaranng anak untuk makan makanan mengandung gula sebelum makan. Sementara itu, ayah memberi izin secara sembunyi-sembunyi. Keadaan demikian akan membuat anak berpikir bahwa peraturan apapun memiliki celah-celah yang dapat dimanfaatkan. Jadi, sebaiknya hindari sikap-sikap yang dapat merusak kepribadian anak kita dikemudian hari. cl2 *)

*) Majalah Wanita Republika Juli 2008

No comments: