28 March 2009

Resensi Buku dengan Judul Buku Pintar Pelamar Kerja



Judul : Buku Pintar Pelamar Kerja


Penulis : Lee White


Alih Bahasa : Dian Paramesti Bahar


Penyunting : M. Sholeh


Penerbit : [s.l]: Mitra Media, 2009


Tebal : xii, 140 hlm.; 21 cm


Harga : -


ISBN : 979-3943-41-6


Peresensi : Masyhur ( Pustakawan Ubaya )


Kebutuhan akan sebuah buku pedoman untuk seorang pelamar kerja dirasakan semakin besar dan kian penting oleh semua keluarga. Berlalu sudah masa dimana seseorang mendapatkan pekerjaan di usia remaja atau awal usia duapuluhan dan bertahan dengan satu atasan hampir sepanjang sisa hidupnya. Pangsa pasar tenaga kerja mudah sekali berubah disebabkan oleh banyak faktor dan hal ini akan terus berlangsung. Faktor-faktor itu diantaranya adalah penutupan usaha karena likuidasi, promosi, pengunduran diri, pensiun dan redudansi yang disebabkan merger, pengambilalihan pemilik, perluasan teknologi hingga penyusutan karyawan.

Buku pintar ini dirasakan sangat membantu kegiatan mencari kerja yang mencakup semua anggota keluarga. Dengan petunjuk yang jelas dan rinsi yang disertai dengan contoh-contoh untuk semua kalangan dengan penekanan pada mereka yang putus sekolah, masyarakat niaga, tingkat supervisor, tingkat eksekutif senior, tingkat
manajemen menengah, kontraktor, sarjana, petugas administrasi, orang yang terkena perampingan, dan orang yang kembali bekerja setelah lama tidak bekerja.

Ditulis dengan gaya ringkas, masuk akal dan praktis, pembaca akan dapat menjadikan buku ini sebagai pedoman untuk semua lamaran pekerjaan. Dimulai dengan teknik praktis bagaimana menganalisis sebuah iklan perkerjaan, dilanjutkan dengan permohonan pekerjaan yang efektif, membuat resume ( curriulum vitae) yang memikat, informasi penting mengenai cara mempersiapkan diri menghadapi wawancara yang menentukan, teknik menulis surat susulan wawancara, nasehat-nasehat khusus buat mereka yang putus sekolah, mereka yang ingin kembali bekerja setelah lama absen dan nasehat-nasehat berharga bagi mereka yang dipecat oleh pemberi kerja.

Buku ini juga ditulis untuk menunjukkan efek-efek merugikan dari lamaran kerja yang ditulis secara asal. Terkadang pelamar kerja membuka cacatnya sendiri ketika ia menulis surat lamaran, biodata, resume (CV) yang berkualitas buruk. Informasi, komentar, nasehat dan contoh-contoh surat dan resume (CV) yang diberikan dinilai penulis tidak akan berubah atau menjadi usang karena didasarkan pada pengalaman tahunan. Dari catatan pribadi, ternyata punya kompetensi tinggi dalam hal rekrut merekrut seorang pegawai. Ia adalah Direktur Link Executive Search di Sydney, Australia. Selama lebih dari 25 tahun ia terlibat dalam perekrutan staf dan eksekutif, mengevaluasi lamaran pekerjaan sebagai seorang profesional prekrutan. Dia terlibat dalam lebih dari 1500 perekrutan dari berbagai disiplin ilmu dan organisasi.

Penulis begitu yakin bahwa prosedur dan kegiatan perekrutan tidak akan mengalami perubahan materi, walaupun dia abad elektronik sekalipun. Informasi tersebut dapat digunakan hingga dua puluh tahun dari sekarang.

No comments: