24 April 2009

Resensi Buku : Khasiat dan Keajaiban Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan


Judul : Khasiat dan Keajaiban Madu
untuk Kesehatan dan Kecantikan
Pengarang : Ali Widi Baskara
Penerbit : Smile-Books
Tahun : 2008
Kolasi : viii, 164 p.; 20 cm.
Peresensi : Masyhur (Pustakawan Ubaya)


Pengobatan menggunakan madu sudah dikenal sejak zaman dahulu, dan sudah terbukti mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan di dalam Al Qur'an pun pada surat An Naml tertuang di dalamnya, "Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan". (QS. an-Nahl, {16}: 69). Itulah mungkin salah satu latar belakang dari pengarang buku ini untuk mengungkap lebih jauh manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan.

Meskipun penerbitan buku ini sedikit terlupakan tentang kata pengantar dari pengarang, tapi buku ini cukup banyak menyajikan perihal per"madua"n dari awal hingga akhir. Khasiat madu diantaranya dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Antara lain sariawan, demam, hepatitis, pilek, batuk, flu, melancarkan sirkulasi darah, rematik, tekanan darah tinggi (hipertensi), tekanan darah rendah, asam urat, insomnia, meningkarkan produksi ASI, meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh), menghilangkan bau mulut, menyehatkan jantung, mengatasi kejang perut, mengatasi perut kembung, untuk penyegaran dan pemulihan stamina, mengatasi radang sendi, rambut rontok, radang tenggorokan, mengatasi maag, mengatasi asma, mengatasi diare, menambah vitalitas pria, sebagai masker wajah, mengatasi infeksi saluran kencing, memperlancar haid, mengobati luka akibat digigit serangga dan infeksi.


Buku dengan isi muatan tentang madu yang cukup lengkap ini menyajikan bahasan dari mengenal lebah madu, proses dan produk-produk yang dihasilkan lebah madu, kandungan nutrisi pada produk lebah madu, dan manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan yang disertai dengan aturan penggunaannya. Dengan referensi daftar pustaka yang bervariatif dan kompeten, buku ini layak menjadi bacaan wajib bagi pembaca yang ingin mengetahui seluk beluk madu dan khasiatnya. Selamat membaca.

No comments: