11 April 2009

Resensi Buku : Snack for the Soul = Suplemen Jiwa

Cover buku snack for the soul

Judul : Snack for the Soul = Suplemen Jiwa
Pengarang : A Puryan "Blitzer"
Editor : Moch. Muhibbin
Penerbit : Cicero Publishing
Tahun : 2008
Kolasi : xvi, 208 p.; 18 cm
ISBN : 978-979-17512-6-1
Peresensi : Masyhur (Pustakawan Ubaya)

Buku dengan tema motivasi kembali terbit. Kali ini penulis yang menyebut dirinya "Blitzer" atau "Sang Kilat" mengharapkan melalui buku akan memunculkan kilatan-kilatan bagi diri pembaca. Buku ini ditulis dengan diawali dengan cerita-cerita menarik yang dilanjutkan dengan sebuah inspirasi didalamnya. Dari situ diharapkan akan membuahkan kilatan kecerdasan, kilatan kepekaan, kilatan kepedulian, kilatan kesederhanaan maupun kilatan prestasi. Maka tak ayal buku ini dapat menjadi Ramuan Ajaib bagi yang membaca.

Buku ini dibagi menjadi dua tema besar, yaitu Snack I berupa Just Wake Up !. Berisi cerita-cerita dan inspirasi yang lebih membangkitkan semangat pembaca. Untuk Snack II berupa Path of Life. Berisi cerita-cerita dan inspirasi kehidupan yang lebih nyata. Pengarang membagi buku ini dengan dua Snack, dapat diperkirakan pengarang akan menerbitkan Snack kedua, ketiga, dan seterusnya. Dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami, membuat buku ini terasa ringan untuk dibaca, tapi pembaca akan mendapatkan inspirasi yang cukup berbobot. Kutipan mix dari filosof barat maupun Islam membuat buku ini terasa lebih terbuka untuk semua kalangan.

Kenapa pengarang lebih suka memberi judul Snack atau suplemen daripada Food ? Suplemen adalah makanan tambahan biar bertenaga, tapi food, lebih dari sekedar suplemen. Padahal Food adalah makanan pokok pembuat energi tubuh, pembuat tubuh dapat hidup dan berkreasi. Mungkin, kalimat snack lebih menarik dan ringan di telinga pembaca, sehingga akan menarik untuk membacanya meskipun didalamnya terdapat muatan-muatan tulisan yang sangat mendalam.

Agaknya buku ini sangat cocok untuk orang-orang yang sedang sedih, orang yang hatinya tidak lapang, hatinya kecil karena terjebak pada pikiran-pikiran sempit yang sering menyulitkan dirinya sendiri. Orang-orang yang ingin membesarkan hati dan pikirannya, orang yang ingin tetap bersemangat di saat kapanpun juga, orang yang ingin memperbaiki diri dan berubah ke arah yang lebih baik akan mendapatkan suntikan berupa suplemen yang dapat memotivasinya menuju sebuah kecerdasan, keluasan pandang, dan keteguhan hati setelah membaca buku ini.

Selamat membaca.

No comments: